New York (ANTARA News) - Kendati partai pendukungnya, Demokrat, kalah dari partai Republik pada pemilihan umum sela tingkat majelis rendah Selasa kemarin (2/11), Presiden Amerika Serikat Barack Obama akhirnya mewujudkan janjinya melawat Asia, termasuk Indonesia. Jumat, Obama telah bertolak dari Washington dan meninggalkan ibukota AS itu selama 10 hari untuk mengunjungi India, Indonesia, Korea Selatan dan Jepang.

Didampingi Ibu Negara Michelle Obama, Jumpat pagi Obama menaiki helikopter dari South Lawn di Gedung Putih menuju Pangkalan Angkatan Udara Andrews, dan selanjutnya naik pesawat kepresidenan AS Air Force One ke Asia.

India akan menjadi negara pertama yang disinggahinya, disusul Indonesia, negara tempat dia menghabiskan sebagian masa kecilnya.

Dari Indonesia, Obama akan melanjutkan perjalanan ke Korea Selatan dan Jepang, untuk menghadiri KTT G20 di Seoul dan KTT APEC di Yokohama.

Menurut laporan media AS, Obama akan berada di India selama tiga hari, dan akan melakukan berbagai kegiatan di New Delhi, ibukota India, serta kota pusat keuangan India, Mumbai.

Di negara berpenduduk 1,2 miliar orang itu, Obama akan bertemu dengan para pemimpin perusahaan India.

If you don't have accurate details regarding mobil keluarga ideal terbaik indonesia, then you might make a bad choice on the subject. Don't let that happen: keep reading.

Gedung Putih disebut-sebut mengharapkan kunjungan Obama di India menghasilkan sejumlah kesepakatan ekspor antara AS-India, termasuk kemungkinan pembelian pesawat Boeing oleh India.

Obama dijadwalkan tiba di Indonesia pada 9 November untuk lawatan dua hari satu malam.

Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa, lewat kedatangan Obama, Indonesia dan Amerika Serikat akan secara resmi meluncurkan kemitraan menyeluruh, tidak hanya di bidang politik dan keamanan, melainkan juga ekonomi, perdagangan, investasi, pendidikan, lingkungan hidup, hubungan antara masyarakat dan kawasan.

Menurut Gedung Putih, karena singkatnya kunjungan di Indonesia, Obama tidak akan menemui teman-teman lamanya atau mengunjungi tempat-tempat di Jakarta yang sering ia datangi ketika dia masih kanak-kanak.

Namun, Obama berencana sedikit melihat-lihat Jakarta dengan mengunjunggi Masjid Istiqlal.

Obama tinggal di Jakarta ketika berumur 6 hingga 10 tahun, mengikuti ibunya Ann Dunham yang menikah dengan ayah tirinya, Lolo Soetoro.(*)

K-TNY/AR09