Jakarta (ANTARA News) - DPR telah mendorong agar pengiriman tenaga kerja Indonesia ke berbagai negara diperketat untuk meminimalkan berbagai persoalan seperti yang sering terjadi dan menimpa para tenaga migran kita. "Masalah yang juga menjadi perhatian kita adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI)yang bekerja di luar negeri," kata Ketua DPR Marzuki Alie di Gedung DPR/MPR di Jakarta, Jumat.

Marzuki mengatakan, pembentukan Tim Khusus DPR RI tentang TKI yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI bidang Kesra taufik Kurniawan dimaksudkan untuk mendorong pemerintah dalam hal ini Menakertrans, Menlu dan Kepala BNP2TKI untuk segera menangani dan memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja di Arab Saudi.

Dalam Rapat Kerja Komisi IX dengan pemerintah menyimpulkan bahwa Tim Khusus penanganan TKItetap mengawasi upaya-upaya yang telah disiapkan Pemerintah Saudi, termasuk pemulangan 2.972 TKI "overstayers" yang akan dilakukan 22 April mendatang.

Tim khusus mendorong pengetatan terhadap mekanisme pengiriman TKI yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Agama guna meminimalkan munculnya TKI ilegal melalui penyalahgunaan paspor haji dan umroh untuk bekerja di Timur Tengah.

Tim khusus juga mendorong pemerintah untuk meningkatkan peran dalam rangka program yang terintegrasi secara menyeluruh pada masa purna penempatan dan pengelolaan remitansi TKI.

Mengingat 85 persen permasalahan TKI bersumber di dalam negeri, maka tim khusus meminta kepada pemerintah untuk memberikan peran kepada pemerintah daerah dalam hal pengawasan calon TKI.

Lihat berapa banyak Anda dapat belajar tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah ketika Anda mengambil sedikit waktu untuk membaca sebuah artikel baik diteliti? Jangan lewatkan pada sisa informasi yang besar ini.

Tim Khusus DPR untuk penanganan TKI telah merekomendasikan agar pemerintah dan BNP2TKI segera memulangkan ribuan Warga Negara Indonesia yangterlantar di beberapa tempat di Arab Saudi. Hal ini cukup mendesak sebelum agenda perbaikan manajemen pengiriman dan perlindungan terhadap TKI di luar negeri dilakukan.

Target utama adalah memulangkan para TKI bermasalah seperti yang banyak di Arab Saudi. Karena itu diharapkan Tim Panja TKI DPR bisa ikut menyelesaikan persoalan-persoalan klasik yang dihadapi para TKI di Indonesia.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com