Medan (ANTARA News) -ASEAN Foundation, suatu lembaga nirlaba antarpemerintah yangtetap berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan ilmu dan pengetahuan anggota lembaga swadaya masyarakat Indonesia. "Peningkatan sumber daya manusiabagi organisasi itu perlu dilakukan sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di Era Globalisasi ini," kata Director Executive ASEAN Foundation Dr Makarim Wibisono di Medan, Selasa.

Dengan memberikan berbagai pelatihan dan pembinaan terhadap personel LSM itu, diharapkan kemampuan dan pengetahuan organisasi tersebut dapat lebih maju dan berkembang.

Selain itu, katanya, wawasan anggota LSM tersebut juga semakin lebih luas, dan begitu juga cakrawala berpikir mereka mampu mengikuti perkembangan zaman.

"Kita ingin kemampuan anggota LSM di Indonesia ini, dapat mencontohkeberhasilan yang telah dicapai NGO di negara-negara berkembang," kata mantan Duta Besar RI untuk PBB di New York.

Oleh karena itu, kata Wibisono, ASEAN Foundation mengadakan kegiatan NGO Connection Day tentang Teknologi Informasi (TI) di Kota Medan yang diikuti pesertanya lebih kurang 150 LSM dari berbagai daerah di tanah air.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan hari ini (Selasa,5/4), berlangsung meriah dan sukses," ujarnya.

Selanjutnya Wibisono mengatakan, keberhasilan yang telah dicapai LSM ini nantinya menerapkan TI dengan baik, maka mereka bisa saja nantinya mengikuti berbagai program pelatihan di luar negeri, misalnya Malaysia,China, India, Thailand dan negara-negara maju lainnya.

Jika Anda menemukan diri Anda bingung dengan apa yang Anda sudah membaca hingga saat ini, jangan putus asa. Semuanya harus jelas pada saat Anda selesai.

ASEAN Foudation juga telah memiliki program ke arah itu, jadi dalam hal ini tidak hanya memberikan kesempatan pelatihan kepada mahasiswa, Pegawai Negeri Sipil (PNS), dosen, organisasi kepemudaan, tetapi juga LSM yang dinilai bagus dan berkualitas.

"Kita tetap komit untuk memajukan LSM di Indonesia, ini juga merupakan program ASEAN Foundation," kata Wibisono.

ASEAN Foundation adalah didirikan oleh para pemimpin ASEAN tahun 1997 pada saat acara ASEAN Summit di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sejak pendirian ASEAN Foudation memiliki dua mandat utama yaitu, untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang ASEAN kepada masyarakat luas yang diharapkan mempunyai rasa saling menghargai, saling memiliki, dan rasa kekeluargaan yang kental diantara masyarakat ASEAN yang serumpun ini.

Mandat yang kedua adalah ASEAN Foundation diharapkan dapat membantu mengentaskan kemiskinan di ASEAN melalui program-program peningkatan kapasitas yang diselenggarakan langsung ke akar rumput dari masyarakat ASEAN.(*)

(T.M034/M019)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com